Prof. B.J. Habibie dan Ibu Ainun Habibie

(Almh) dr. Hj, Hasri Ainun Besari Habibie, atau yang dikenal dengan panggilan Ibu Ainun Habibie, merupakan sosok yang sangat lekat dengan dunia pendidikan. Semasa hidupnya, Ibu Ainun Habibie aktif menginisiasi berbagai program untuk mendorong peningkatan kualitas intelektualitas anak-anak Indonesia, antara lain melalui beasiswa Orbit dan majalah Orbit.

Melalui dua inisiatif istri (alm) Prof. BJ Habibie tersebut, ratusan ribu anak Indonesia berkesempatan untuk menempuh pendidikan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan daya saing.

Di era digital ini, legacy Ibu Ainun Habibie diteruskan melalui pendekatan digital, antara lain melalui platform Orbit360 dan kegiatan ORBIT ONLIMPIADE. ORBIT ONLIMPIADE merupakan kegiatan lanjutan dari Olimpiade Online Nasional yang sebelumnya telah diselenggarakan sejak 2013 dan diikuti ribuan sekolah level SD hingga SMA.

ORBIT ONLIMPIADE 2022 akan memperebutkan Piala Hasri Ainun Habibie dan hadiah ratusan juta rupiah, serta ditargetkan akan diikuti 8.000 sekolah di seluruh Indonesia.

ORBIT ONLIMPIADE Piala Hasri Ainun Habibie 2022 merupakan ajang kompetisi mata pelajaran antar sekolah se-Indonesia yang sepenuhnya diselenggarakan secara online. ORBIT ONLIMPIADE, sebelumnya bernama Olimpiade Online Nasional, merupakan kompetisi online pertama yang diselenggarakan sejak 2013.

Dokumentasi Olimpiade Online Nasional 2014
Prof. B.J. Habibie

ORBIT ONLIMPIADE 2022 bertujuan untuk mendorong pemanfaatan media digital secara positif dan produktif, membangun budaya kompetisi sehat, dan menginspirasi seluruh pihak mengoptimalkan media digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

ORBIT ONLIMPIADE 2022 dibagi dalam 4 kategori tingkat sekolah, yaitu SD, SMP, dan SMA IPA/IPS sederajat. Rangkaian kegiatan ORBIT ONLIMPIADE 2022 meliputi babak penyisihan, Semi Final, Final, dan Acara Penganugerahan Pemenang. Khusus Acara Penganugerahan Pemenang akan dilakukan secara hibrid (offline & online) di Jakarta.

Peserta ORBIT ONLIMPIADE 2022 adalah tim yang mewakili sekolah, di mana satu tim terdiri atas 3 orang siswa/i dan 1 guru pendamping.

ORBIT ONLIMPIADE, sebelumnya bernama Olimpiade Online Nasional, diselenggarakan pertama kali tahun 2013. Olimpiade Online Nasional tahun 2014 diikuti oleh 1.020 sekolah (lebih dari 5.000 siswa/i).

Dalam setiap penyelenggaraannya, seluruh pemenang diundang ke Jakarta untuk mengikuti Acara Penganugerahan Pemenang, yang selalu dihadiri oleh (alm) Prof. BJ. Habibie semasa hidupnya.